Yuk, Intip Koleksi NFT Art Messi yang Bertajuk ‘Messiverse’

admin

Para publik figur, khususnya atlet dari berbagai cabang olahraga mulai marak yang menunjukkan ketertarikannya dengan NFT, sebuah aset digital yang sedang naik daun dalam setahun ke belakang. Salah satunya adalah pesepakbola asal Argentina, Lionel Messi, yang baru saja meluncurkan NFT art Messi beberapa waktu lalu. Mari simak informasi selengkapnya!

Popularitas NFT di Berbagai Kalangan

Tidak dapat dipungkiri, kehadiran NFT di dunia kesenian mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan. Bukan hanya seniman rupa dan digital saja, tetapi juga menarik perhatian para publik figur, khususnya yang berasal dari bidang olahraga. Sebagaimana yang terjadi dalam beberapa bulan ke belakang, banyak atlet ternama yang ikut meluncurkan koleksi NFT miliknya.

Sebelum membahas mengenai siapa saja atlet yang telah mempublikasikan NFT, alangkah baiknya untuk memahami secara singkat tentang apa itu NFT. NFT, yang merupakan singkatan dari Non-Fungible Token merupakan sebuah bentuk aset kripto yang menggunakan teknologi blockchain untuk mencatat status kepemilikan dari objek tersebut. Hal ini membuat NFT terjamin keasliannya dan memiliki sifat yang eksklusif. NFT dapat berupa artwork, musik, hingga tulisan dan kemudian dijual melalui marketplace khusus NFT.

Sebagaimana yang terjadi pada bulan Mei 2021 lalu, atlet american football Rob Gronkowski menerbitkan empat kartu dari koleksi Super Bowl sebagai NFT. Lalu, dari cabang olahraga baseball, atlet Taijuan Walker yang bermain untuk tim New York Mets juga meluncurkan NFT berupa artwork bertanda tangan. Kemudian pada Juli 2021, mantan pesepakbola ternama Ronaldinho juga menerbitkan koleksi NFT miliknya yang terdiri atas tujuh keping artwork untuk dilelang.

Peluncuran ‘Messiverse’, NFT Art Milik Lionel Messi

Baru-baru ini, tepatnya pada 21 Agustus 2021, Lionel Messi bersama Ethernity meluncurkan koleksi NFT yang diberi nama ‘Messiverse’. Peluncuran NFT art ini dilakukan oleh Messi sebagai bentuk selebrasi atas karirnya dalam dunia sepakbola. Dilansir dari The Jakarta Post, Messi mengumumkan peluncuran koleksi NFT miliknya lewat cuitan yang berbunyi, “Art is like football. Eternal.” di Twitter pada awal Agustus lalu.

Koleksi NFT milik Messi yang dinamai ‘Messiverse’ ini terdiri atas total 5 karya seni yang didesain oleh dua seniman digital ternama, yaitu BossLogic dan Impossible Brief. Dari lima keping NFT tersebut, BossLogic mendesain empat keping yang diberi judul “The Golden One”, “The Man From Tomorrow”, “The Man of The Past”, dan “The King Piece”. Keempat karya seni tersebut menggambarkan sosok Messi sebagai superhero, dewa Yunani, dan juga raja. 

Sedangkan, seniman digital Impossible Brief menciptakan keping NFT terakhir dari koleksi ‘Messiverse’ yang diberi nama “The Magician”. NFT ini dibuat untuk memperingati kemenangan bersejarah Lionel Messi bersama tim nasional Argentina atas Brazil di Copa America. Peristiwa ini dianggap sebagai penghargaan karena merupakan kemenangan Lionel Messi dan Argentina di kompetisi besar setelah satu dekade lamanya.

Pada saat peluncurannya, “The Golden One” yang hanya tersedia satu keping ini dilelang selama 72 jam dengan harga lelang mulai dari 50.000 USD. Namun, harga lelang terus meroket bahkan mencapai 1.128.815 USD. Sementara untuk “The Man From Tomorrow” dan “The Man of The Past” yang tersedia sebanyak 75 edisi ini dijual seharga 10.000 USD per keping. Para pembeli NFT ini akan secara otomatis mendapatkan keping “The Man of The Past” yang dikirim melalui airdrop.

Karya seni lainnya yaitu “The King Piece” tersedia sebanyak 2500 edisi dan per kepingnya dihargai sebesar 499 USD. Sedangkan, untuk NFT keping terakhir yang bernama “The Magician”, dijual seharga 50 USD secara open edition, maksudnya adalah NFT tersebut hanya tersedia selama 15 menit saja dengan jumlah yang tidak terbatas. 

Mempublikasikan NFT Art Melalui Marketplace Terpercaya

Untuk menerbitkan NFT, diperlukan marketplace yang terpercaya sebagai wadah dalam memamerkan dan menjual NFT tersebut. Jika membahas tentang marketplace NFT, masyarakat Indonesia terutama para seniman digital sudah tidak perlu khawatir lagi. Sebab kini telah hadir marketplace NFT TokoMall, yang merupakan salah satu pionir dari munculnya marketplace NFT di Indonesia.

TokoMall dapat membantu para seniman digital yang tertarik dalam memamerkan bakatnya ke dalam bentuk NFT. Marketplace NFT yang telah secara resmi diluncurkan pada pertengahan bulan Agustus lalu ini memiliki alur pendaftaran yang sederhana dan praktis. Dengan demikian, para seniman atau siapa saja yang ingin menerbitkan NFT berkesempatan untuk mencobanya.

Caranya adalah dengan mendaftarkan diri Anda sebagai exclusive merchant partner di TokoMall. Setelah mengisi data diri dan lolos review serta verifikasi, Anda bisa mulai minting karya seni terbaik Anda sebagai NFT di TokoMall. Dalam proses tersebut ada sejumlah gas fee yang dikenakan pada Anda dan setelahnya karya Anda akan langsung tampil halaman TokoMall dan bisa dikoleksi oleh kolektor. 

Itu dia penjelasan mengenai koleksi NFT art Messi yang berhasil menarik perhatian para kolektor karya seni digital. Nah, bagi Anda yang tertarik mengoleksi NFT art hasil karya seniman Indonesia, sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Yuk, langsung saja kunjungi www.mall.tokoscape.com dan daftarkan diri Anda sebagai kolektor di TokoMall sekarang!

The post Yuk, Intip Koleksi NFT Art Messi yang Bertajuk ‘Messiverse’ appeared first on Tokocrypto News.