Yuk, Kenalan dengan Para NFT Artist yang Memiliki Karya Termahal

admin

Seperti yang kita ketahui, dunia kesenian kini sedang didominasi oleh seni digital. Bahkan, tidak sedikit pula seniman rupa yang beralih dengan memproduksi karya seni berbentuk digital. Fenomena ini semakin ramai dengan kemunculan NFT sekaligus para NFT artist dengan karya termahal di sekitar kita. Penasaran siapa saja? Eits, sebelum itu, simak penjelasan singkat mengenai NFT dalam dunia seni lebih dulu, yuk!

Pergeseran Tren Karya Seni Menjadi NFT

Jika dahulu para kolektor seni berbondong-bondong mengoleksi lukisan hasil karya pelukis ternama, kini tren tersebut sudah mulai bergeser menjadi mengoleksi seni digital berupa NFT. NFT atau Non-Fungible Token merupakan karya seni yang berada pada teknologi blockchain dan dilengkapi dengan kode unik agar keaslian dan kepemilikannya dapat terjamin. Selain dalam bentuk seni digital, NFT juga dapat berbentuk musik dan video.

Saat membahas NFT khususnya NFT art, sudah banyak seniman digital dari seluruh dunia yang memamerkan dan menjual karya seni terbaiknya dalam bentuk NFT. Melalui marketplace NFT sebagai wadah untuk jual-beli NFT art, para NFT artist ini berhasil menarik perhatian para kolektor seni.

6 NFT Artist dengan Karya Termahal di Dunia

Tidak dapat dipungkiri bahwa setelah 4 tahun sejak kelahirannya di tahun 2017, NFT menghasilkan banyak NFT artist berbakat dengan karya yang unik dan limited edition. Hal inilah yang mendorong karya seni mereka menjadi dihargai amat sangat tinggi alias mahal. Berikut ini deretan NFT artist ternama dengan karya seni termahal, yaitu:

Beeple

Seniman yang kerap mengeluarkan karya realistis ini telah menerbitkan lebih dari 845 NFT dengan rata-rata harga per kepingnya lebih dari 133.849 USD. Karya seni Beeple yang berjudul “Everydays: The First 5000 Days” berhasil terjual sebagai NFT seharga lebih dari 69 juta USD di Christie’s, sebuah rumah lelang ternama. Fenomena ini juga yang membuat peminat NFT dan cryptocurrency menjadi semakin meluas.

Fewocious

Seniman pop art surealis yang satu ini juga sedang naik daun. Hal ini disebabkan oleh keberhasilannya dalam menjual lebih dari 3.103 keping NFT dengan rata-rata harga sekitar 5.812 USD, dengan usianya yang masih tergolong muda. Fewocious semakin dikenal luas berkat NFT art berjudul “The Everlasting Beautiful”, yang juga menjadi karya seni miliknya yang paling banyak terjual. 

Trevor Jones

Sebagai seniman visual yang sangat terobsesi dengan hubungan antara seni dan teknologi, membuat Trevor Jones berpindah dari medium kanvas ke kode QR dan augmented reality. Di dunia NFT, seniman ini banyak melakukan kolaborasi dengan artist besar seperti Jose Delbo, yang menghasilkan NFT terlaris dengan judul “Genesis” seharga 553.169 USD. Hingga kini, ia telah menjual lebih dari 5.284 NFT.

Mad Dog Jones

Seniman yang menggunakan nama Mad Dog Jones ini telah berkecimpung di dunia NFT dengan ciri khas menggabungkan seni visual dan musik. Karya seni terlaris yang dijadikan NFT miliknya berjudul “Boardwalk”, berbentuk video yang menggambarkan keadaan kota metropolitan di saat hujan. NFT tersebut terjual seharga 388.888 USD. Sampai sekarang, Mad Dog Jones telah menjual lebih dari 1.567 keping NFT.

SlimeSunday

Seniman digital ini berhasil menarik perhatian masyarakat dengan karya seni yang cenderung progresif dengan tema yang tidak terduga. Sejak masuk dunia NFT, SlimeSunday berhasil menjual lebih dari 6.508 keping NFT dengan rata-rata harga per kepingnya sekitar 1.784 USD. NFT terlaris miliknya bertajuk “The Process” yang berisi kolase dan musik. Ia juga kerap melakukan kolaborasi dengan seniman lain yaitu 3lau.

Hackatao

Sebagai crypto artist ternama, Hackatao dikenal dengan karya seni yang kerap mengeksplor tema lingkungan dan kemanusiaan. Duo yang terdiri dari Nadia Squarci dan Sergio Scalet ini berhasil menciptakan NFT bertajuk “Kim Jong Un – ‘Dead and Alive’ Edition” yang kemudian menjadi karya seni terlaris miliknya, kurang lebih terjual di harga 276.136 USD. Hingga kini, Hackatao telah menjual lebih dari 1.504 keping NFT.

Berkarya Lewat Marketplace NFT di Indonesia, TokoMall

Kehadiran NFT sangat membuka peluang bagi para seniman, khususnya seniman rupa yang sedang mengalami kesulitan di masa yang serba canggih ini serta pandemi yang juga masih berlangsung. Para seniman kini dapat berpindah ke bidang seni digital untuk kemudian diterbitkan sebagai NFT di berbagai marketplace NFT yang tersedia.

Tak hanya di luar negeri saja, Indonesia kini sudah memiliki marketplace NFT yaitu TokoMall. TokoMall menjadi salah satu pionir munculnya marketplace NFT di Indonesia. Dengan kehadirannya, TokoMall dapat menjadi wadah bagi para seniman untuk membagikan karya seni terbaiknya dalam bentuk NFT dan menjualnya kepada para penikmat seni.

Sejumlah NFT artist juga sudah ikut serta memamerkan dan menjual karya seni miliknya dalam bentuk NFT di TokoMall sebagai official merchant, lho. Di antaranya ada Si Juki, Alipjon, Soresore, hingga Nevertoolavish. 

Selain itu, ada juga penerbit NFT yang sedang naik daun di dunia NFT, nih, yaitu SIPHER. SIPHER menyuguhkan NFT art berupa karakter dari game NFT “SIPHER” yang masih coming soon. Sambil menunggu perilisannya, SIPHER menjual sejumlah karakter dari game tersebut dalam bentuk NFT, salah satunya melalui kerja sama dengan Tokocrypto.

Para seniman kini dapat ikut bergabung di TokoMall dengan mendaftarkan dirinya sebagai merchant dan melakukan minting karya NFT terbaiknya setelah lolos review dan juga verifikasi. Kemudian, NFT tersebut dapat dipublikasikan setelah seniman membayar sejumlah gas fee.

The post Yuk, Kenalan dengan Para NFT Artist yang Memiliki Karya Termahal appeared first on Tokocrypto News.